Langsung ke konten utama

KETERAMPILAN GURU ABAD-21 DALAM MENCIPTAKAN KREATIFITAS PEMBELAJARAN


KETERAMPILAN GURU ABAD-21 DALAM MENCIPTAKAN KREATIFITAS PEMBELAJARAN

Perkembangan teknologi informasi yang semakin maju secara cepat menuntut perubahan dalam sistem pendidikan. Pada abad-21 memasuki jaman revolusi industri 4.0 yang dimana sistem kehidupan serba diatur oleh teknologi yang nan canggih. Maka dari itu, didalam ranah pendidikan menjadi salah satu yang berperan penting dalam pembentukkan karakter generasi bangsa, terciptanya generasi bangsa yang baik atau tidak baiknya berada di tangan seorang pendidik.
Didalam konsep pendidikan abad-21 siswa dituntut menjadi individu yang lebih aktif dan kritis, yang dimana pembelajaran berpusat pada siswa. Pada abad-21 karakteristik yang dikenal sering disebutsebagai 4C yaitu communication (komunikasi), collaboration (kerja sama), critical thinking and problem solving (berpikir kritis dan pemecahan masalah), crativity and inovation (daya cipta dan inovasi). Seiring berganti-gantinya sistem pembelajaran dalam abad-21 tugas dan peranan pendidik sangat berperan dan berpengaruh dalam proses pembelajaran begitu juga didalam pembelajaran yang berkualitas tentu sangat tergantung pada motivasi siswa belajar dan kreatifitas pendidik dalam mengelola suasana kelas agar tidak membosankan bagi siswa serta pola mengajar guru dengan ditunjang fasilitas yang memadai, dan ditambah keterampilan guru dalam menciptakan kreatifitas yang akan membuat peserta didik lebih mudah mencapai target tujuan pendidikan nasional.
Kreatifitas sebagai penunjang guru didalam tugasnya yang mulia dipengaruhi oleh 2 (dua) faktor basar yaitu faktor internal yang meliputi minat dan bakat, dan faktor eksternal yaitu yang meliputi lingkungan sekitar serta dipengaruhi dari berbagai latihan yan dilakuan guru dalam mengasah keterampilannya didalam proses belajar-mengajar.
            Didalam menjalankan pekerjaanya sebagai seorang pendidik tentu guru harus memiliki keterampilan dan kemampuan yang baik. Untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif pada abad-21 seorang guru harus memperhatikan tujuan pembelajaran dan penyesuaian media pembelajaran yang tepat. Untuk itu model pembelajaran yang merupakan pedoman bagi seorang guru dan siswa dalam mencapai tujuan belajar yang harus terkontrol dan terarah. Selain model, untuk menjadi guru yang terampil didalam pembelajaran dapat dengan membuat media pembelajaran sebagai alat penyalur/pembantu guru didalam kegiatan belajar-mengajar. Media tersebut dapat juga memberikan motivasi belajar bagi siswa dan memberikan motivasi belajar secara kongkret (nyata). Maka dari itu, guru harus menentukan media yang tepat sesuai dengan isi materi yang akan diajarkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAMPAK KECANDUAN GADGET

DAMPAK KECANDUAN GADGET source: intisari.grid.id Saat ini gadget di kalangan remaja tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi saja tapi sudah multifungsi. Kamera salah satunya, dapat dimanfaatkan oleh para pengguna gadget untuk mengabadikan momen, selain itu fasilitas media sosial juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para remaja untuk bersosialisasi atupun menunjukan kreativitas yang mereka punya.  Hampir semua anak remaja memiliki gadget. Fungsi dari gadget itu sendiri bermaca-macam, dari untuk berhitung, mengakses internet, hingga bermain games. Tanda-tanda orang yang kecanduan gadget adalah dalam sehari ia dapat menggunakan lebih dari 6-8 jam. Dampak yang dapat mengubah perilaku menjadi individualism yaitu lebih senang bermain dengan gadget yang di punya daripada bersosialisali dengan lingkungan sekitar. Penggunaan media sosial di gadget juga berdampak buruk. Medsos digunakan untuk mencurahkan hati atau sesuatu yang menurutnya harus dibeberkan tanpa mempedu

MAKE UP LAMBANG KECANTIKKAN WANITA?

MAKE UP LAMBANG KECANTIKKAN WANITA? source: cantik.tempo.co Cantik merupakan suatu yang relatif tergantung dari padangan seseorang yang menilai dan melihatnya. Namun, sudah dipastikan bahwa kaum hawa secara fisik dikatakan cantik. Maka banyak yang berpandangan cantik tidak hanya sekedar dari fisik tetapi dilihat dari tampilan dan sikap seorang wanita melakukan sesuatu. Kerap kali seorang wanita rela melakukan segalanya dan mengeluarkan budged yang lebih besar demi menjadi cantik seperti, operasi plastik, membeli skin care dalam merawat wajahnya, ataupun dengan ber make up dan lain-lain. Apa sih Make up itu? Make up bisa disebut tata rias wajah atau dandan yang mengubah tampilan wajah dengan bantuan alat kosmetik. Fungsi dari make up ini guna menyempurnakan penampilan wajah. Didalam ber- make up juga harus memiliki seni agar wajah terlihat cantik dan menawan. Kenapa make up itu sebagai lambang kecantikan wanita? Sebagian besar mempercayai bahwa make up akan mengubah tamp

DI BALIK GURU KILLER

source: majalahouch.com Di dalam lingkup sekolah guru merupakan peran utama bagi anak muridnya. Beberapa tipe guru killer yang sering di perbincangkan muridnya. berikut jenis-jenis guru kiler diantaranya, siswa yang menyebut guru killer ialah siswa yang sering terkena oleh hukuman dari guru tersebut, ada juga sebutan untuk guru killer biasanya untuk guru yang suka marah-marah terkadang ada juga guru yang marah-marah tidak menentu disaat murid ribut tercengang oleh guru yang menghentakkan tangan kemeja dengan suara membentak bahkan menimpuk penghapus/kapur papan tulis ke si anak yang membuat ribut, ada juga guru yang wajahnya jutek serta sikap yang dingin alhasil anak muridnya tidak menyukainya, ada juga guru disetiap pembelajarannya menegangkan karna kuis tidak menentu diadakan tanpa sepengetahuan anak muridnya “tutup buku kalian hari ini kuis” dengan tajam sorotan kepada anak muridnya, ada juga guru yang sangat disiplin dan tegas dan banyak lagi jenisnya. Beberapa jenis guru